DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROTOTYPE MONITORING SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER PADA COOL BOX IKAN DI PELABUHAN PPI MENGGUNAKAN SENSOR DS18B20 DENGAN METODE FUZZY
PENGARANG:AKHMAD RIVALDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-02


Dalam Penyuplaian Ikan kepada konsumen membutuhkan jarak dan waktu yang relatif panjang, sedangkan konsumen selalu mengharapkan ikan segar. Dan permasalahan yang dihadapi dalam produk ikan segar, yaitu persediaan yang rusak (broken stock) sering kali berlebihan, sehingga banyak ikan yang membusuk dan akhirnya mengalami kerugian.

Batulicin Simpang Empat tempat dilakukanya penelitian, pelabuhan PPI (Pelelangan Pembongkaran Ikan) saat ini penanganan hasil tangkapan ikan biasanya menggunakan pendinginan es batu di dalam cool box biasa. Penggunaan es merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan. Akan tetapi, pendinginan dengan menggunakan es batu  hanya dapat mempertahankan suhu rendah dalam waktu yang singkat sedangkan suhu ideal dari dalam cool box adalah 10?C yang diukur dengan menggunakan alat suhu ruangan biasa. Jadi, saat perjalanan driver akan membongkar muatan dan mengecek apakah suhu turun atau tidak secara manual. Hal ini sangat memakan waktu dan biaya karena supplier selalu membawa cadangan es untuk berjaga-jaga jika suhu turun didalam cool box tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, monitoring dapat dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan sebuah chip mikrokontroler pada cool box dengan sensor DS18B20 bersama metode fuzzy berbasis mikrokontroler. Tujuannya agar supplier dapat terbantu untuk memonitoring kestabilan suhu cool box dengan menggunakan website. Karena sistem dibuat terkomputerisasi maka akan memudahkan kinerja dari supplier atau driver sehingga driver dapat memonitor kondisi ikan di dalam cool box tanpa harus membongkar muatan dan hal ini dapan mengefisiensikan waktu, tenaga, dan biaya karena suhu cool box tetap terjaga dengan baik  dan mudah.

Kata kunci:

Sensor Suhu, Mikrokontroler Cool Box Ikan,  Metode Fuzzy, dan website.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI