DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SINTESIS DAN ANALISIS UREA-HIDROKSIAPATIT SEBAGAI PUPUK LEPAS LAMBAT
PENGARANG:SYAHIFUL HADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-03


Hadi, Syahiful. 2019. Sintesis dan Analisis Urea-hidroksiapatit sebagai Pupuk Lepas Lambat. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Suryajaya, M.Sc.Tech; Prof. Dr. Abdullah, M.Si; Dr. Kissinger, S.Hut., M.Si

Kata Kunci:     Urea-hidroksiapatit; Scanning ElectronMicroscopy (SEM); Energy Dispersive X-Ray Spectrometry (EDX); FourierTransform Infrared Spectrometer (FTIR); Particle Size Analyzer (PSA)

Sintesis dan analisis Urea-hidroksiapatit dilakukan untuk menghasilkan pupuk lepas lambat yang memiliki efek pencemar lingkungan minimum. Hasil karakterisasi Urea-hidroksiapatitdianalisis untuk mendapatkan informasi sintesis yang akurat dalam membentuk pembungkusan urea oleh hidroksiapatit. Sementara pengujian lepas lambat dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan Urea-hidroksiapatitdalammelepaskan nitrogen secara berkala.

Bahan yang digunakan dalam sintesis adalah urea (99,5%); Ca(OH)2; H3PO4 0,67 Mdan Akuades. Teknik sintesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bottom-up dengan penambahan Ca(OH)2 dari 6, 8, 10 dan 12 gram. Scanning Electron Microscopy (SEM), Energy Dispersive X-Ray Spectrometry (EDX), Fourier Transform Infrared Spectrometer (FTIR) dan Particle Size Analyzer (PSA)digunakan untuk mengkarakerisasi sampel. Pengujian lepas lambat dilakukan pada spons (berpori) dan pasir (partikel) sebagai medium.

Sintesis Urea-hidroksiapatit dengan variasi Ca(OH)2 8 gram dan 10 gram mampu membentuk pembungkusan urea oleh hidroksiapatit berdasarkan hasil karakterisasi SEM. Dari pengukuran Energy Dispersive X-Ray Spectrometry (EDX), komposisi nitrogen cukup tinggi dihasilkan dari sintesis Urea-hidroksiapatit dengan variasi Ca(OH)2 8 gram dan 10 gram, yaitu 31,43Wt% dan 33,40Wt%. Sedangkan pengukuran Fourier Transform Infrared Spectrometer (FTIR) menunjukkan ikatan yang lebih baik antara unsur urea dan hidroksiapatit diperoleh dari sintesis Urea-hidroksiapatit dengan variasi Ca(OH)2 8 gram. Berdasarkan Particle Size Analyzer (PSA), sintesis Urea-hidroksiapatit dengan variasi Ca(OH)2 8 gram memiliki ukuran partikel urea sekitar 0,5-2,5mm dan partikel hidroksiapatit sekitar 10-15mm. Pengujianlepas lambat menunjukkan Urea-hidroksiapatit yang disintesis dengan variasi Ca(OH)28 gram mampu melepaskan nitrogen secara berkala dalam medium pasir dan spons.Sampel ini mampu mempertahankan konsentrasi nitrogen yang dilepaskan lebih tinggi sebagai nutrisi tanaman. Sebagai kesimpulan, variasi Urea-hidroksiapatitCa(OH)2 8 gram direkomendasikan sebagai referensi dalam pembuatan pupuk lepas lambat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI