DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANCANGAN DAN PENJADWALAN TAMBANG BATU ANDESIT KUARI BLOK 2 DI PT MOSA INDO PALMA DESA SUMUR, KECAMATAN KETAPANG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN, PROVINSI LAMPUNG
PENGARANG:MOH. SUHUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-03


Abstrak

PT Mosa Indo Palma sudah melaksanakan operasi produksi sejak tahun 2017 dengan target peningkatan produksi pada tahun 2019, oleh karena itu untuk mewujudkannya diperlukan perencanaan dan perancangan seperti membuat permodelan lapisan batu andesit, penentuan desain akhir, perhitungan cadangan batu andesit dan volume overburden dalam batas desain akhir, perancangan tambang meliputi geometri jenjang, jalan angkut, disposal, penentuan tahapan penambangan (pushback) dan penjadwalan produksi serta penentuan kebutuhan alat mekanis.

Perencanaan dan perancangan tambang pada penelitian ini menggunakan aplikasi pertambangan Geovia Surpac 6.5.1. Penyajian peta menggunakan software ArcGIS 10.5. Penelitian ini hanya terfokus pada area blok 2 di PT Mosa Indo Palma. Target produksi andesit per triwulan adalah sebesar 60.000 m3. Pada rancangan geometri kuari dan disposal menggunakan geometri yang diterapkan di kuari blok 1.

Hasil permodelan menunjukkan bahwa bentuk endapan andesit tersebut terdapat pada area sebesar 5,57 Ha yang mana permukaan andesit semakin ke arah utara memiliki elevasi yang semakin dalam dan semakin ke arah selatan akan semakin dangkal terhadap topografi yang ada. Diketahui ketebalan endapan bervariasi dengan ketebalan antara 25 meter sampai dengan 50 meter. Jumlah cadangan andesit sebesar 1.086.315 m3 dan overburden sebesar 1.219.726 BCM dengan stripping ratio (SR) sebesar 1,1yang dijadwalkan per triwulan selama 18 triwulan. Desain disposal yang disediakan yaitu 370.323 LCM karena keterbatasan lokasi. Jenis disposal yang digunakan adalah Valley Fill/Crest Dump dimana dump dibangun pada lereng. Kapasitas disposal yang disediakan adalah sebesar 356.335 LCM.

            Pembongkaran overburden  menggunakan 2 unit Excavator Komatsu PC200 dan 4 unit Dump Truck Mitsubishi Fuso  FM257ML sedangkan pembongkaran endapan andesit menggunakan peledakan dan pengangkutan diperlukan  1 unit Excavator Komatsu PC300 dan 3 unit Dump Truck Mitsubishi Fuso  FM257ML.

 

 

Kata Kunci :Kuari, Tahapan Penambangan, Disposal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI