DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN GAME EDUKASI EKOSISTEM SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK KELAS 5 SDN MUNGKUR UYAM | |
PENGARANG | : | EVA IRIANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-07-04 |
Pengembangan Game Edukasi Ekosistem sebagai Media Peningkatan Motivasi Belajar untuk kelas 5 SDN Mungkur Uyam
EVA IRIANTI
ABSTRAK
Fokus penelitian ini adalah Pengembangan Game Edukasi Ekosistem sebagai Media Peningkatan Motivasi Belajar untuk Kelas 5 SDN Mungkur Uyam Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Data utama penelitian ini adalah (a) pengembangan produk game edukasi ekosistem yang layak untuk kelas 5 SD dan (2) penggunaan produk game edukasiekosistem untuk meningkatan motivasi belajar siswa kelas 5 SD.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan jenis prosedural oleh Alessi & Trollip. Desain Pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu (1) Perencanaan: mencakup mendefinisikan bidang/ruang lingkup batasan, mengidentifikasi karakteristik siswa, menentukan sumber-sumber belajar dan melakukan brainstroming, (2) Desain: terdiri dari pembuatan ide konten pembelajaran dan mendeskripsikan program pendahuluan membuat prototype, flowchart, storyboard dan (3) Pengembagan: mencakup menyiapkan teks, menuliskan kode program, membuat grafik, memproduksi audio & video, menggabungkan bagian-bagian, menyiapkan materi-materi pendukung, melakukan uji alpa, melakukan revisi, melakukan uji beta, membuat revisi akhir, persetujuan klien, dan memvalidasi program.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi yang tinggi setelah menggunakan game edukasi ekosistem, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar siswa. Berdasarkan lembar observasi diperoleh peningkatan motivasi rata-rata dari 6,25% menjadi 100%. menunjukkan adanya peningkatan motivasi yang tinggi setelah menggunakan game edukasi ekosistem
Kata Kunci: Game Edukasi, Ekosistem, Motivasi
The media Development of Ecosystem Education Games to Increasi Learning Motivation of student fifth grade (5th) Mungkur Uyam Elementary School
EVA IRIANTI
ABTRACT
The focus of this study is the media Developing of Ecosystem Education Games to Increasing Learning Motivation of student fifth grade (5th) Mungkur Uyam Elementary School in Balangan Regency, South Kalimantan. The main data of this study are (a) the development of ecosystem education game products that appropriate for the 5th grade elementary school and (2) the usability of ecosystem education game products to improve the learning motivation of 5th grade students.
This study used a procedural development model by Alessi & Trollip. The Design Development consists of three stages (1) Planning: includes scope of the boundary, identifying the characteristics of students, and determining the sources of learning and brainstorming, (2) Design: consists of creating learning content ideas and describing preliminary programs make prototypes, flowcharts, storyboards and, (3) Development: includes preparing text, writing program code, making graphics, producing audio & video, combining parts, preparing supporting materials, conducting alpha tests, making revisions, conducting beta tests, making final revisions, client approval, and validate the program.
The results showed that there was a potential increasing in motivation after using an ecosystem education game, so that it was appropriate to be used as a learning resource for students. Based on the observation sheet obtained an increase in motivation on average from 6.25% to 100%. showed a high increase in motivation after using the ecosystem education game
Keywords: Educational Games, Ecosystems, Motivation
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI