DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIF TERHADAP KEPUASAN MEMBACA MAHASISWA PADA MAJALAH LPM PERISTIWA (Studi pada Mahasiswa Aktif Universitas Lambung Mangkurat)
PENGARANG:Ros Miradiya Is
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-04


 

ABSTRAK

 


            Ros Miradiya Islami, D1C114265, 2019. Pengaruh Motif Terhadap Kepuasan Membaca Mahasiswa pada Majalah LPM PERISTIWA (Studi pada Mahasiswa Aktif Universitas Lambung Mangkurat). Dibawah bimbingan bapak
Bachruddin Ali Akhmad sebagai Pembimbing I dan ibu Novaria Maulina sebagai Pembimbing II.

 

            Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motif terhadap kepuasan membaca Majalah LPM PERISTIWA pada mahasiswa ULM.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dari Elihu Katz, Blumer, dan Gurevitch yang mengemukakan bahwa individu memiliki tujuan tertentu dalam menggunakan media massa. Sampel yang diambil sebanyak 342 mahasiswa aktif ULM sebagai populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Sampling Purposif dan Stratified Random Sampling. Teknik penggumpulan data menggunakan koesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data dan menggunakan regresi linier sederhana dengan taraf kesalahan 5%.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa tidak merasa puas kepada Majalah LPM PERISTIWA. Kepuasan membaca berdasarkan dari hasil uji nilai rata-rata dimanajumlahskor GS (Gratification Sought atau motif yang medasarikepuasan yang diharapkan) yang dibandingkan dengan jumlah nilai rata-rata skor GO (Gratification Obtained atau kepuasan yang diperoleh), skor GS lebih besar disbanding skor GO sebesar 0,22. Artinya harapan lebih besar, sehingga media belum dapat memuaskan khalayak. Hasil Pengujian Hipotesis didapatkan signifikansi sebesar 0,000< 0,05 dengan thitung> ttabel (17.934>1.649) serta Fhitung> Ftabel sebesar (321.631> 3.89) serta dan Nilai R tingkat hubungan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori kuat yaitu sebesar 0,697 atau sebesar 69,7%, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motif terhadap kepuasan.

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Gratification Sought, Gratification Obtained, Motif, Kepuasan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

 

 

 

 

Ros Miradiya Islami, D1C114265, 2019. Effects of Motives on the Reading Satisfaction of Student in LPM PERISTIWA Magazine (Study on Active Students at LambungMangkurat University).Under the guidance of Mr. Bachruddin Ali Akhmad as First CounselorandMrs. NovariaMaulina as Second Counselor.

 

The purpose of this study was to determine the effect of the motive onreading satisfaction of LPM PERISTIWA Magazine on ULM students. The approach used in this study is a quantitative approach with the type of explanative research. The study using Uses and Gratification theory of Elihu Katz, Blumer, and Gurevitch who purpose that individuals have specific goals in using mass media. The samples is 342 active students ULM as a populationwith the sampling technique using the purposive Sampling and the Stratified Random Sampling method. Data collecting technique uses questionnaires and interviews. The data analysis technique used is the description of the data and using simple linear regression with a 5% error degree.

 

The results of this study indicate that students are not satisfied with the LPM PERISTIWA Magazine. The reading satisfaction is based on the results of the average score test where the number of GS scores (Gratification Sought or motives that are based on expected satisfaction) is compared with the number of GO scores (Gratification Obtained or satisfaction obtained), GS score is greater than the score GO for 0.22. This means that expectations are greater, so that the media cannot satisfy the public. Theresult of hypothesis testing is got significance value 0,000< 0,05 with tcount> ttable (17.934>1.649) value also fcount value>ftable (321.631> 3,89). The value of R in the level of relations in this study is in the strong category that is 0.697 or 69.7%, based on result of research it indicated that there is a significant influence between the motives for satisfaction.

 

 
 

 

 

 

 

 

Keywords: Gratification Sought, Obtained Gratification, Motives, Satisfaction.


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI