DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN SENI TARI JAPIN KUALA DENGAN METODE CREATED ROLE PLAY DI SMA PGRI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:Fitrianor Aulia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-04


ABSTRAK

 

Aulia, Fitrianor. 2018. Pembelajaran Seni Tari Japin Kuala Dengan Metode           Created Role Play di SMA PGRI 2 Banjarmasin, Skripsi, Program Studi          Seni Pertunjukkan, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:                (1) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum, (II) Putri Yunita Permata     Kumala Sari, M.Pd. 

Kata Kunci :seni tari japin kuala, metode created role play

            Berdasarkan hasil pengamatan di SMA PGRI 2 Banjarmasin, permasalahan yang ditemukan ada duakurangnya pengetahuan siswa tentang tari tradisonal Banjar dan pembelajaran yang digunakan masih memakai metode demonstrasi.Penelitian ini tentang penggunaan metode CRP dalam pembelajaran esktrakurikuler tari.

            Jenis penelitian yang digunakan yaitu,pendekatan  kualitatif, instrument dalam penelitian ini yaitu, peneliti itu dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi guna menguji kebenaran data.Teknik  analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.

            Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, pembelajaran tari Japin Kuala menggunakan metode Created Role Play dengan tahapan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Dalam empat pertemuan tersebut,  ragamstep empatdiajarkan pada pertemuan pertama, ragam tahtul dan sisitdiajarkan pada pertemuan ke dua,ragam siksak dan sembahdiajarkan pada pertemuan ke tiga. Pertemuan empat pengulangan ragam dari tiga pertemuan sebelumnya.Hasilnya siswa mampu mempraktikkan ragam tari Japin Kuala dengan tepat, dan menambah pengetahuan tentang ragam tari Japin Kuala. Selain itu siswa menjadi lebih aktif, saling menghargai dan setiap pasangan bekerja sama dengan baik, serta siswa senang dan semangat dalam pembelajaran menggunakan metode ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI