DIGITAL LIBRARY



JUDUL: Ekstrakurikuler Tari Japin Kreasi Gandang Baigal dengan metode unit di SDN Anjir Serapat Muara 1.3
PENGARANG:MELDA YULIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-04


ABSTRAK

 

 

Melda Yuliarti, 2018.  Ekstrakurikuler Tari Japin Kreasi Gandang Baigal dengan metode unitdi SDN Anjir Serapat Muara 1.3 Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Lambung Mangkurat. Pembimbing  (I)

 

Kata Kunci :Ekstrakurikuler, seni tari, metode unit,

 

Ekstrakurikuler merupakan program sekolah  yang dilaksanakan diluar jam pelajaran untuk menyalurkan bakat dan minat kemampuan serta keterampilan untuk memantapkan kepribadian siswa. Kegiatan ini dilakuakan secara terjadwal diluar pelajaran yang di susun oleh guru-guru dan pembina ekstrakurikuler. Siswa kesulitan dalam menggerakan suatu tarian dikarenakan gerakan yang sulit dan tempo yang terlalu cepat. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dengan tarian baru yaitu tari japin kreasi gandang baigal dengan menggunakan metode unit. Jenis penelian yang digunakan deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini yaitu penelitian itu sendiri dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari.

Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, menggunkan metode unit yaitu dengan cara mengajarkan gerakan dengan perunit. Dalam 4 kali pertemuan, pertemuan pertama siswa diajarkan gerak tari japin kreasi gandang baigal dengan cara pertahap dan menggunakan metode unit, begitu juga pada pertemuan ke 2 – 4. Pada setiap kali pertemuan siswa mengalami kemajuan dalam menggerakan tari japin kreasi gandang baigal. Seperti dapat dengan mudah menggerakan tarian yang diajarkan pelatih dan dan dapat menarikan tarian dengan diiringi musik. Pada  setiap pertemuan pelatih mengambil penilaian kepada siswa dan pertemuan ke 4 diadakan tes manarikan tari japin kreasi gandang baigal dengan diiringi alunan musik. Pada pertemuan ke 4 ini siswa sudah dapat menggerakan tari japin kreasi gandang baigal dengan benar dan tepat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI