DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan model Group Investigation (GI) dalam pembelajaran matematika untuk membina karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMPN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019
PENGARANG:Rizky Hamka
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-04


Group Investigation (GI) merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Karakter komunikatif merupakan sikap dan tindakan terbuka terhadap orang lain melalui komunikasi yang santun sehingga tercipta kerja sama secara kaloboratif yang baik, sedangkan karakter rasa ingin tahu merupakan cara berpikir, sikap dan perilaku yang mencerminkan penasaran dan keingintahuan terhadap segala hal yang dilihat, didengar, dan dipelajari secara lebih mendalam. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Membina karakter komunikatif dengan model GI kelas VII SMPN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. (2) Membina karakter rasa ingin tahu dengan model GI kelas VII SMPN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model GI di kelas VII SMPN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. (4) Mengetahui hubungan antara karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa dengan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain time series sebanyak enam kali pertemuan. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil satu kelas yaitu kelas VII C, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes pada setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model GI dapat membina karakter komunikatif siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. (2) Penerapan Model GI dapat membina karakter rasa ingin tahu siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. (3) Hasil belajar siswa kelas VII C SMPN 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan dengan model GI. (4) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa dengan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI