DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN TEKNIS KEGIATAN BACKFILLING PIT NANGKA UTARA CV CINTA PURI PRATAMA KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:CANDRA ANDY SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-04


ABSTRAK

 

 

 

Candra Andy Saputra : Perencanaan Teknis Kegiatan Backfilling di CV Cinta Puri Pratama, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan

 

 

 

            CV Cinta Puri Pratama mulai memasuki tahap mineclosure yang di tandai dengan habisnya bahan galian yang ekonomis untuk ditambang sehingga menimbulkan adanya lubang bukaan. Untuk melakukan penimbunan daerah tambang yang telah selesai di tambang, digunakan metode backfilling dengan memperhatikan volume material tanah timbunan dan lubang bukaan yang ingin ditutup. Setelah melakukan kegiatan penambangan diharapkan bekas tersebut sesuai dengan kondisi semula meskipun tidak sempurna namun dikembalikan mendekati kondisi awal sebelum dilakukan penambangan.

            Metode backfilling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode full backfilling yang dimana material yang tersedia langsung digunakan guna menutup lubang bukaan. Dalam penilitian ini perhitungan volume menggunakan bantuan software minescape 5.7.

            Setelah melakukan analisa data, maka didapatkan volume lubang bukaan sebesar 588.882,95 m3 dengan volume material waste yang telah disediakan sebesar 5.497.229,16 m3 dengan perencanaan kegiatan menggunakan 2 fleet penambangan dengan masing-masing 1 unit Excavator Komatsu PC300LC-7, serta 5 unit alat angkut dump truck Scania P30 dan Faw J5-336. Proses kegiatan ini direncanakan selesai  hingga akhir Maret 2019 dengan total biaya perbulan  Rp. 2.675.761.250,-.

 

Kata Kunci : mineclosure, backfilling, biaya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI