DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER KERJA KERAS DAN KOMUNIKATIF SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:NOOR ANNISAH SHOLEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-04


Pada era sekarang seseorang tidak hanya dituntut memiliki kompetensi tetapi juga harus menjadi seseorang yang berkarakter untuk menghadapi persaingan yang ada. Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) adalah model pembelajaran koperatif dimana siswa dilatih untuk bekerjasama dengan kelompoknya untuk memudahkan siswa bertanya dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah penerapan model Course Review Horay (CRH) dapat membina karakter kerja keras siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, (2) mengetahui apakah penerapan model Course Review Horay (CRH) dapat membina karakter komunikatif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, (3) mengetahui apakah penerapan model Course Review Horay (CRH) dapat memperbaiki hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dan (4) mengetahui hubungan antara karakter kerja keras dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model Course Review Horay (CRH) dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian time series sebanyak enam kali pertemuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 26 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model CRH dapat membina karakter kerja keras siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin, (2) Penerapan model CRH dapat membina karakter komunikatif siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin, (3) Penerapan model CRH dapat  memperbaiki hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin, dan (4) Terdapat hubungan yang kuat antara karakter kerja keras dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin.

Kata kunci: model CRH, kerja keras, komunikatif, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI