DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENETAPAN KADAR DAN KESERAGAMAN KANDUNGAN TABLET SALBUTAMOL GENERIK DI KOTA BANJARMASIN MENGGUNAKAN HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY (HPLC)
PENGARANG:MAISYARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-04


ABSTRAK

PENETAPAN KADAR DAN KESERAGAMAN KANDUNGAN TABLET SALBUTAMOL GENERIK DI KOTA BANJARMASIN MENGGUNAKAN HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY (HPLC) (Oleh: Maisyarah; Pembimbing: Fadlilaturrahmah; 2019; 61 halaman)

Salbutamol adalah obat yang dapat melebarkan saluran udara pada paru-paru dan mampu meringankan gejala-gejala asma dengan cepat saat serangan asma berlangsung, serta dapat juga dipakai untuk mengobati penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), sehingga perlu dilakukan penelitian ini untuk memastikan bahwa tablet salbutamol generik yang diuji memenuhi persyaratan menurut Farmakope Indonesia edisi V. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan kadar zat aktif serta kadar rata-rata keseragaman kandungan tablet salbutamol generik yang beredar di kota Banjarmasin. Metode yang digunakan yaitu High Performance Liquid Chromatography (HPLC). Tablet salbutamol yang diuji sebanyak 3 sampel dengan keseragaman kandungan menggunakan 10 tablet masing-masing sampel. Fase gerak yang digunakan yaitu 1,13 gram larutan Natrium 1-heksasulfonat P dalam 1200 ml air serta 12 mL asam asetat glasial P campur dengan metanol perbandingan 6:4 dan fase diam yaitu kolom C 18 X-Bridge. Penetapan kadar zat aktif tablet salbutamol generik pada sampel A, B, dan C adalah memenuhi persyaratan. Syarat penetapan kadar zat aktif tablet salbutamol yaitu mengandung tidak kurang dari 90,0% dan tidak lebih dari 110,0%. Keseragaman kandungan rata-rata tablet salbutamol pada sampel A, B dan C dengan %AV tidak lebih dari sama dengan 15,0% untuk tiap 10 tablet sudah memenuhi persyaratan Farmakope Indonesia edisi V.

Kata kunci : Salbutamol, Generik, High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Penetapan Kadar, Keseragaman Kandungan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI