DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER KREATIF DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:FISTA DAMAYANTI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-23


Pembinaan pendidikan karakter dirasa sangat perlu untuk masa sekarang, karena
diakui atau tidak untuk masa sekarang nilai-nilai karakter sudah memudar, seperti
yang sering diberitakan di berbagai media angka kriminalitas yang kian tinggi,
tawuran antar pelajar, pemerasan yang terjadi di lingkungan sekolah, anak SMP
yang merokok, dll. Pada saat PPL yang dilakukan di SMP Negeri 1 Banjarmasin
dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika, diperoleh informasi
bahwa masih ada sebagian siswa yang mengerjakan tugas rumah di sekolah,
mengerjakan tugas mandiri dengan melihat pekerjaan teman, jarang mengumpul
tugas dengan baik dan tepat waktu, kurang bisa mengerjakan soal latihan yang
berbeda dari contoh yang dijelaskan oleh guru sebelumnya, saat kerja kelompok
terkadang hanya beberapa anggota kelompok saja yang aktif, ada beberapa siswa
yang tidak mengikuti pelajaran sampai selesai. Diperlukan sebuah model yang
dapat membina karakter terutama karakter kreatif dan tanggung jawab. Model
pembelajaran kooperatif tipe
group investigation (GI) merupakan salah satu
bentuk pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi siswa dan
aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pembelajaran yang akan
dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Tujuan penelitian ini adalah: (1)
membina karakter kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe
group investigation (GI), (2) membina karakter tanggung jawab siswa melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
group investigation (GI), (3)
memperbaiki hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe
group investigation (GI), (4) menganalisis hubungan antara
karakter kreatif dan tanggung jawab dengan hasil belajar. Metode yang digunakan
adalah metode
quasi eksperimen. Desain penelitiannya adalah Equivalent time
series.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan persentase, mean, uji korelasi dan regresi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
group
investigation
(GI) dapat membina karakter kreatif dan tanggung jawab siswa,
model pembelajaran kooperatif tipe
group investigation (GI) dapat memperbaiki
hasil belajar siswa, terdapat hubungan antara karakter kreatif dan tanggung jawab
dengan hasil belajar.


Kata kunci: kooperatif tipe
group investigation (GI), kreatif, tanggung jawab

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI