DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Di Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:NURUL HAYATUN NUPUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-06


ABSTRAK

Nurul Hayatun Nupus, Nim D1A115232, 2019 “Kualitas Pelayanan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru” dibimbing oleh Hj. Aulia dan Avela Dewi.

Program Pamsimas secara umum bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan dan pinggiran kota serta menciptakan perilaku hidup bersih melalui promosi kesehatan lingkungan dan penyediaan sarana prasarana air minum.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan informasi peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu, untuk menentukan informan yang digunakan adalah teknik purposive yaitu memilih sampel berdasarkan pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitian.

            Hasil penelitian dari kualitas pelayanan Program Pamsimas di Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru menunjukkan: (1) Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Daerah dan Desa, dinilai cukup baik seperti pada struktur birokrasi atau terkait SOP, adanya pelatihan dan pedoman Program Pamsimas yang diberikan membantu petugas menjalankan Program Pamsimas sesuai dengan prosedur yang ada. Walaupun dari segi Komunikasi dan sumber daya masih kurang baik (2) Peningkatan perilaku higienis dan pelayanan sanitasi, dinilai kurang baik seperti terkait komunikasi dan sumber daya masih kurang penyampaian informasi terkait rincian biaya yang harus dibayarkan masyarakat pada Program Pamsimas dan kurangnya sumber daya anggaran untuk pelayanan sanitasi. (3) Penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum, dinilai kurang baik. Karena sumber daya sarana yaitu sumur yang digunakan pada Program Pamsimas airnya hanta sehingga belum bisa dijadikan air minum (4) Hibah Insentif, dinilai kurang baik. Hibah yang diterima kebanyakan bersifat barang bukan uang, padahal tujuan dari hibah insentif adalah menambah pendanaan (5) Dukungan teknis dan manajemen pelaksanaan dinilai kurang baik. Karena sumber daya baik petugas maupun sarana prasarana masih belum mencukupi dan terkait struktur birokrasi masih terjadi pembagian tugas yang tidak jelas dikarenakan jumlah petugas yang hanya 2 orang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dari teori George C Edwards III indikator komunikasi dan sumber daya dinilai paling berpengaruh dalam keberhasilan Program Pamsimas di Desa Rampa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan Program Pamsimas di Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru petugas perlu untuk memperbaiki dan meningkatkan komunikasi serta sumber daya baik itu sumber daya manusia, dana/anggaran dan sarana prasarana.

Kata Kunci : Pelayanan, Program Pamsimas, Air Bersih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI