DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGENDALIAN PERTUMBUHAN PENDUDUK (STUDI PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN KAPUAS)
PENGARANG:Bambang Noviyanto
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-07


ABSTRAK

Bambang Noviyanto D1B114009 Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk (Studi pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas). Di bawah bimbingan Bapak Mahyuni selaku dosen pembimbing 1 dan Ibu Ellisa Vikalista selaku dosen pembimbing 2

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pengendalian pertumbuhan penduduk oleh pemerintah daerah khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.

             Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yakni penelitian yang lebih menggambarkan berbagai kondisi dan situasi dari peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam pengendalian pertumbuhan penduduk.

            Hasil penelitian menunjukan peran dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) dalam pengendalian pertumbuhan penduduk di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas dapat dikatakan berperan dengan  baik. Tercapainya 10 program yang telah dibentuk untuk tahun anggaran 2017 oleh DP3APPKB dalam menekan laju pertumbuhan penduduk. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Kapuas dari tahun 2016-2017 yakni 0,80% yang berarti pertumbuhan penduduk di bawah 1% termasuk pertumbuhan penduduk lambat. Adapun faktor-faktor penghambat DP3APPKB dalam pengendalian pertumbuhan penduduk diantaranya tenaga penyuluh KB yang masih kurang,  faktor ketersediaan anggaran, faktor pengetahuan dan informasi tentang kependudukan, kesehatan reproduksi, alat kontrasepsi serta faktor partisipasi masyarakat.

            Disarankan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana khususnya pada bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan pergerakan untuk bisa menambah dan meningkatkan pengetahuan Penyuluh KB dengan melatih para kader penyuluh KB untuk memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada dalam menarik minat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam program KB.

 

Kata Kunci : Peran, BKKBN, Pengendalian Pertumbuhan Penduduk

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI