DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KESESUAIAN LAHAN RAWA PASANG SURUT PADA DAERAH IRIGASI RAWA (DIR) LAMPUYANG TERHADAP TANAMAN PADI
PENGARANG:ENY SUSANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-08


EVALUASI KESESUAIAN LAHAN RAWA PASANG SURUT PADA DAERAH

IRIGASI RAWA (DIR) LAMPUYANG TERHADAP TANAMAN PADI

 
(EVALUATION OF RAWA LAND SUITABILITY IN THE LETTER IN
LAMPUYANG RAW IRRIGATION AREA ON PADI PLANTS)

 

 

Eny Susani

 

Program Studi Magister Teknik Sipil,Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Jl. Unlam, Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

 

Email:enny.susani@gmail.com

 

 

ABSTRAK

 

Pada musim penghujan sebagian Daerah Irigasi Rawa (DIR) Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur tergenang air hujan (banjir), sedangkan pada musim kemarau air pasang hanya mampu mengairi sebagian kecil lahan persawahan penduduk. Hal ini diakibatkan oleh tidak berfungsinya sistem saluran yang ada, sudah tertutup endapan atau sedimentasi dan semak-semak. Menurunnya fungsi sistem saluran yang ada menjadi penyebab menurunnya produktifitasnya pertanian saat ini.

Pada penelitian ini data yang dipergunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui survey langsung di lapangan untuk memperoleh kondisi aktual di lokasi penelitian. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui strudi literatur yang berkaitan dengan rawa serta data yang diperoleh dari instansi terkait. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi eksisting DIR Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur serta mengevaluasi pemanfaatan lahan terhadap kesesuaian lahan tanaman padi. Analisis sistem tata air dan kesesuaian lahan menggunakan analisis hidrotopografi, analisis drainabilitas, analisis land unit, dan analisis kesesuaian lahan.

Kondisi existing DIR Lampuyang berdasarkan kategori lahan tipe A 319 Ha (20 %); tipe B 325 Ha (7 %); tipe C 1.472 Ha (32 %) dan tipe D 1.920 Ha (41 %). Berdasarkan land unit terdiri dari Land Unit I 884 Ha (19 %), Land Unit VI 1.153 Ha (25 %) dan Land Unit X 2.601 Ha (56 %). DIR Lampuyang sebagian besar dimanfaatkan untuk lahan pertanian, yaitu tanaman padi 2.443 Ha (53 %); tanaman palawija 737 Ha (16 %) dan sebagian lagi sisanya merupakan semak belukar 1.456 Ha (31 %). Hasil dari kesesuaian lahan untuk tanaman padi DIR Lampuyang didapatkan luasan 884 Ha (19 %) S1 (sangat sesuai); 1.152 Ha (25 %) N (tidak sesuai untuk saat ini) dan luasan 2.600 Ha (56 %) S2 (cukup sesuai). Hasil penelitian diperoleh bahwa luas areal lahan tanaman padi pada Daerah Irigasi Rawa (DIR) Lampuyang yang pada kondisi eksisting seluas 2.443 Ha setelah dilakukan analisis kesesuaian lahan tanaman padi ternyata seluas 2.276 Ha.

 

Kata Kunci : Drainabilitas, Hidrotopografi, Kesesuaian lahan, Lahan Pasang Surut DIR Lampuyang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI