DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PERUBAHAN KUALITAS AIR DAN TANAH PADA DAERAH IRIGASI RAWA (DIR) TAHAI KECAMATAN MALIKU KABUPATEN PULANG PISAU
PENGARANG:MELDA RIYANTI NAHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-08


ABSTRAK

 

EVALUASI PERUBAHAN KUALITAS AIR DAN TANAH

PADA DAERAH IRIGASI RAWA (DIR) TAHAI KECAMATAN MALIKU KABUPATEN PULANG PISAU

 

Melda Riyanti Nahan

H2A313010

 

Dr. Mahmud, ST, MT

 

 

Daerah Irigasi Rawa (DIR) Tahai memiliki luas baku 4.706 ha dan luas lahan pertanian berupa sawah seluas 1.921 ha. Produktivitas panen di DIR Tahai mengalami penurunan pada tahun 2018, kemungkinan disebabkan terjadinya perubahan kualitas air dan tanah. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi perubahan kualitas air dan tanah di DIR Tahai berdasarkan data tahun 2016 dan 2019 dan perubahan kualitas tanah terhadap kesesuaian lahan berdasarkan data tahun 2019.

Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diambil dan dianalisis tahun 2019 sedangkan data sekunder berupa pengumpulan data dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II tahun 2016. Penentuan mutu kualitas air di DIR Tahai menggunakan metode Storet,sedangkan untuk mengevaluasi  tanah  menggunakan metode land unit, mengacu analisis kesesuaian lahan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang tercantum di dalam Permentan Nomor:79/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Kesesuaian Lahan pada Komoditas Tanaman Pangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi perubahan kualitas air dan tanah yang semakin menurun, dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan dangkalnya saluran yang ada. Berdasarkan perbandingan data kualitas air pada tahun 2016 dan 2019,  pH air lebih rendah (perairan asam), sedangkan nilai DHL, TDS, TSS, sianida, nitrat, flourida mengalami kenaikan. Kandungan besi (Fe) dan mangan (Mn) di saluran, tidak terdeteksi yang melebihi baku mutu. Status mutu kualitas air berdasarkan metode Storet, kualitas air di saluran primer dan sekunder di DIR Tahai termasuk kelas C (cemar sedang). Kesesuaian lahan berdasarkan data kualitas tanah dari 3 (tiga) titik/lokasi yang diselidiki, ditemukan perubahan dalam kelas kesesuaian lahan pada 2 (dua) titik, semula S1 (sesuai) untuk lahan sawah mengalami penurunan menjadi S2 (cukup sesuai) untuk lahan sawah yang disebabkan unsur hara dalam tanah yang relatif rendah.

Kata kunci: DIR Tahai, Kesesuaian lahan, Land unit, Metode Storet, Status mutu air.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI