DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER MANDIRI DAN KOMUNIKATIF SISWA DI KELAS X TN SMKN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:PUSPITA SARI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-23


Membina karakter siswa saat ini dirasakan amat perlu bila mengingat makin
meningkatnya tawuran antar-pelajar, serta bentuk-bentuk kenakalan remaja
lainnya. Salah satu penyebab meningkatnya tawuran antar pelajar adalah
kurangnya komunikasi di antara pelajar, sehingga menimbulkan kesalahpahaman
yang berujung terjadinya tawuran antar-pelajar. Oleh karena itu, karakter
komunikatif merupakan salah satu karakter yang perlu ditanamkan sedini
mungkin pada siswa. Selain karakter komunikatif, karakter mandiri juga salah
satu karakter yang perlu ditanamkan sedini mungkin pada siswa. Kemandirian
harus dimiliki oleh siswa, karena pribadi yang mandiri tidak bergantung kepada
orang lain dalam menghadapi berbagai masalah, tidak lari dari tanggung jawab,
dan berusaha sendiri mencari jalan untuk mengatasi setiap permasalahannya
sendiri. Membuat siswa berkarakter adalah tugas pendidikan, yang esensinya
adalah membangun manusia seutuhnya yaitu manusia yang baik dan berkarakter.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe GI dapat membina karakter mandiri siswa di kelas X
Tata Niaga SMKN 1 Banjarmasin
, (2) mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe GI dapat membina karakter komunikatif siswa di
kelas X Tata Niaga SMKN 1 Banjarmasin, (3) mengetahui apakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat memperbaiki hasil belajar siswa di
kelas X Tata Niaga SMKN 1 Banjarmasin, (4) menganalisis hubungan karakter
mandiri dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini
dirancang dan dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen (eksperimen semu)
dengan desain penelitian
equivalent time series design sebanyak enam pertemuan.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X jurusan Tata Niaga SMKN 1
Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X A Tata Niaga. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat membina karakter
mandiri siswa, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat
membina karakter komunikatif siswa, (3) penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe GI dapat memperbaiki hasil belajar siswa, (4) terdapat hubungan
yang kuat antara karakter mandiri dan komunikatif siswa dengan hasil belajar


Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe GI, mandiri, komunikatif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI