DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017)
PENGARANG:ELLY AGUSTINA NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-08


      Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh nilai return on assets terhadap harga saham; (2) pengaruh nilai debt to equity ratio terhadap harga saham; dan (3) pengaruh nilai tukar rupiah terhadap harga saham.

       Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak dibidang farmasi. Ada tujuh perusahaan yang digunakan sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel tersebut kemudian diolah menggunakan teknik analisis regresi berganda.

       Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang diberikan oleh nilai retun on asset dan debt to equity ratio terhadap harga saham perusahaan farmasi. Hal tersebut menunjukkan harga saham perusahaan farmasi bergerak searah dengan perubahan nilai return on assets dan debt to equity ratio  yang dimiliki perusahaan. Apabila return on assets dan debt to equity ratio meningkat, maka harga saham perusahaan juga meningkat begitupula sebaliknya. Sementara itu, varaibel nilai tukar rupiah tidak berpengaruh terhadap pergerakan harga saham perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa perubahan terhadap nilai tukar tidak memberikan pengaruh terhadap fluktuasi harga saham perusahaan.

Kata Kunci : return on asset, debt to equity ratio, nilai tukar rupiah, harga saham.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI