DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pemasaran produk Olahan Hasil Perikanan Studi Kasus Pada UKM Binaan Disperindagkop
PENGARANG:RISA ISKANDAR PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-08


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk, saluran pemasaran, farmer’s share, margin pemasaran dan prospek pemasaran produk olahan hasil perikanan. Penelitian ini dilaksanakan pada UKM Binaan Disperindagkop “Tinsa” di Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Pengumpulan data menggunakan metode survey, deskriptif dan wawancara, data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis saluran pemasaran, farmer share, margin pemasaran dan SWOT. Pengambilan sample menggunakan metode metode studi kasus pada 1 pelaku usaha pengolah produk olahan hasil perikanan bernama Tinsa. Hasil penelitian identifikasi produk sebanyak 12 macam produk, kemasan produk tersedia dari ukuran 80gram- 300gram. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp. 9.000,00 – Rp. 30.000,00.  Produk dapat bertahan sekitar 4-6bulan. Produk-produk hasil olahan Tinsa ini dipasarkan ke toko-toko dan minimarket di daerah Tanjung, Amuntai, hingga Kalteng dan di pasar modern Banjarmasin. Farmer’s share produk hasil olahan yang diterima oleh Tinsa seluruh nya dapat dikatakan efisien karena bagian harga yang diterima oleh produsen berkisar antara 80-93%. Margin pemasaran produk hasil olahan yang diterima oleh Tinsa berkisar antara Rp. 1.000,00 – Rp. 3.000,00 Strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh Tinsa dalam usahanya tersebut adalah dengan menjaga kepuasan konsumen terhadap produk, menciptakan inovasi rasa dan kemasan, melakukan penjualan secara online, penambahan alat produksi, membuat pembukuan seperti data produksi dan data penjualan.

 

Kata Kunci : Produk Olahan, Saluran Pemasran, Farmer’s Share, Margin Pemasaran, Strategi

Pemasaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI