DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER KREATIF DAN TANGGUNG JAWAB DI KELAS VIII SMPN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NORMAKIYAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-23


Pendidikan karakter merupakan proses pemberian tuntunan kepada peserta didik
untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir,
raga, serta rasa dan karsa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika
di SMPN 1 Banjarmasin, diperoleh informasi bahwa terdapat kebiasaan siswa
kelas VIII yang kurang berani mengemukakan pendapatnya, kurang lancar
mengemukakan jawaban, dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Selain itu, masalah lain yang dihadapi adalah kebiasaan siswa yang sering
mencontek teman, terdapat siswa yang malas belajar dan mengandalkan siswa
yang pintar untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru pada saat
kegiatan kelompok. Diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat membina
karakter siswa, khususnya karakter kreatif dan tanggung jawab siswa. Scramble
adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) membina karakter kreatif siswa melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe scramble. (2) membina karakter tanggung jawab
siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. (3)
mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe scramble. (4) menganalisis hubungan karakter kreatif dan
tanggung jawab siswa dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah
quasi eksperimen dengan equivalent time series design. Populasi penelitian adalah
siswa kelas VIII SMPN 1 Banjarmasin. Sampel diambil secara simple random
sampling sebanyak satu kelas dari sembilan kelas yang ada di kelas VIII SMPN 1
Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes.
Taknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe scramble dapat membina karakter kreatif siswa, (2) penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat membina karakter tanggung
jawab siswa, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat
mengubah hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Banjarmasin lebih baik dari
pertemuan pertama, (4) terdapat hubungan yang sangat kuat antara karakter
tanggung jawab siswa dengan hasil belajar.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Scramble, kreatif, dan tanggung
jawab.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI