DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Inovasi Pelayanan Anak Lahir Akta Yes (ALAY) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin
PENGARANG:FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-08


ABSTRAK

 

Fatimah, D1A115036, 2019 “Implementasi Inovasi Pelayanan Anak Lahir Akta Yes (ALAY) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin”, di bawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan.

Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi setiap warga Negara. Berdasarkan hal tersebut, salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat adalah Disdukcapil Kota Banjarmasin. Berbagai pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan, salah satunya ialah pelayanan akta kelahiran. Namun, kesadaran masyarakat akan pentingnya akta kelahiran masih sangat kurang. Oleh sebab itu, berbagai inovasi pelayanan diluncurkan agar menarik masyarakat mengurus dokumen kependudukan akta kelahiran. Salah satunya melalui Inovasi ALAY.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengunpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dari penelitian ini yakni Kabid pemanfaatan data dan inovasi pelayanan, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan, Kasi Kelahiran dan Kematian,petugas pelayanan, dan masyarakat yang datang mengurus dokumen akta kelahiran.

Hasil penelitian impementasi Inovasi pelayanan Anak Lahir Akta Yes (ALAY) di Disdukcapil Kota Banjarmasin masih belum efektif dilaksanakan. masyarakat lebih memilih model alternatif lain, yaitu mengurus akta kelahiran dengan datang secara langsung ke Disdukcapil. Selain itu terdapat berbagai faktor yang menghambat dari implementasi inovasi ALAY di Disdukcapil Kota Banjarmasin yaitu: pertama,dipengaruhi oleh pandangan masyarakat mengenai akta kelahiran yang dianggap bukanlah keperluan dokumen yang mendesak. Sedangkan yang kedua, Inovasi pelayanan Anak Lahir Akta Yes (ALAY) kurang difasilitasi dalam pelaksanaannya.

Penelitian ini merekomendasikan kepada Disdukcapil Kota Banjarmasin untuk lebih optimal dalam mengembangkan inovasi ALAY, melakukan evaluasi dalam implementasi inovasi  ALAY, serta dapat melakukan kerjasama dengan berbagai intasnsi terkait. Selain itu peneliti juga merekomendasikan kepada masyarakat agar memahami pentingnya dokumen akta kelahiran, dapat bekerjasama dengan instansi Disdukcapil, serta masyarakat memiliki wawasan yang luas dan terbuka dengan segala perubahan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan canggih.

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Implementasi Inovasi ALAY

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI