DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERPUTARAN KAS, RATA-RATA UMUR PIUTANG, RATA-RATA UMUR PERSEDIAAN, DAN RATA-RATA UMUR UTANG TERHADAP RETURN ON ASSETS (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2017)
PENGARANG:M. Lutfi Haidar
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-08


ABSTRAKSI

Muhammad Lutfi Haidar (2018). Pengaruh Perputaran Kas, Rata-Rata Umur Piutang, Rata-Rata Umur Persediaan, dan Rata-Rata Umur Utang terhadap Return On Assets (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2017). Pembimbing : Nor Hikmah

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran kas, rata-rata umur piutang, rata-rata umur persediaan, dan rata-rata umur utang terhadap return on assets pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan beberapa syarat yang telah ditentukan, didapatkan sebanyak 19 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi yang dapat diakses melalui website www.idx.co.id dan website resmi perusahaan terkait. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t serta adjusted R square.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) perputaran kas tidak berpengaruh terhadap return on assets. (2) Rata-rata Umur Piutang tidak berpengaruh terhadap return on assets. (3) Rata-rata Umur Persediaan tidak berpengaruh terhadap return on assets. (4) Rata-rata Umur Utang berpengaruh signifikan terhadap return on assets.

 

Kata Kunci : Perputaran Kas, Rata-rata Umur Piutang, Rata-rata Umur persediaan, Rata-rata Umur Utang, Return On Assets.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI