DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA IKAN TERI KERING (Stolephorus spp) DI DESA TANJUNG PELAYAR KECAMATAN PULAU LAUT TANJUNG SELAYAR KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:J UPRIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-09


 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga ikan Teri Kering (Stolephorus spp.) yang ada di Desa Tanjung Pelayar Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru dan menganalisis margin pemasaran ikan Teri Kering (Stolephorus spp.)  di Desa Tanjung Pelayar Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Harga ikan Teri (Y) dipengaruhi oleh Jumlah produksi (X1) dengan nilai sig 0,000 (99%), Kualitas/mutu ikan Teri (X2) dengan nilai sig 0,035 (95%), Ukuran ikan Teri (X3) dengan nilai sig 0,010 (95%) dan Sumber modal (X4) dengan nilai sig 0,002 (99%). Hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor mempunyai pengaruh terhadap harga ikan Teri Kering (Stolephorus spp.).  perolehan margin terbesar dalam saluran pemasaran ikan Teri Kering (Stolephorus spp.)  di Desa Tanjung Pelayar Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru adalah harga jual pedagang besar (I) sebesar Rp. 45.000, dengan nilai MM : 24.000 dan harga jual pedagang besar (II) sebesar Rp. 50.000, dengan nilai MM : 25.000.

 

 

Kata kunci      : Pengaruh Harga, Ikan Teri (Stolephorus spp),  kotabaru, Margin Pemasaran

 

 

ABSTRAC

 

This study aims to analyze the factors that influence the price of dried anchovy (Stolephorus spp.) In Tanjung Pelayar Village, Pulau Tanjung Tanjung Selayar Sub-District, Kotabaru Regency and analyze the marketing margins of Dry Anchovy (Stolephorus spp.) In Tanjung Pelayar Village, Pulau District Tanjung Selayar Sea, Kotabaru Regency. The method used in this research is descriptive analysis method. The results showed that the price of anchovy (Y) was influenced by the amount of production (X1) with a sig value of 0.000 (99%), the quality / quality of anchovy (X2) with a sig value of 0.035 (95%), the size of anchovy (X3) with a value sig 0.010 (95%) and Source of capital (X4) with a value of sig 0.002 (99%). The results of this study note that factors have an influence on the price of dried anchovy (Stolephorus spp.). the biggest margin acquisition in the marketing channel of Dry Anchovy (Stolephorus spp.) in Tanjung Pelayar Village, Pulau Laut Tanjung Selayar District, Kotabaru Regency is the selling price of wholesalers (I) of Rp. 45,000, with MM: 24,000 and the selling price of wholesalers (II) of Rp. 50,000, with MM value: 25,000.

 

 

Keywords: Price Influence, Anchovy (Stolephorus spp), Kotabaru, Marketing Margin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI