DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) Di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar
PENGARANG:AKHMAD SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-09


ABSTRAK

Akhmad Safitri, D1A115032, 2019. Perencanaan Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Dibawah bimbingan Avela Dewi.

Latar belakang penulisan skripsi adalah mengenai Perencanaan Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) Di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perencanaan program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dan juga untuk mengetahui faktor penghambat dalam perencanaan pelaksanaan program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi guna dalam memperoleh data mengenai perencanaan program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisa secara deskriptif kualitatif.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar sudah dapat dikatakan baik, karena adanya koordinasi dalam menyusun perencanaan program perbaikan sanitasi ini, mulai dari sosialisasi yang dilakukan Pemerintah Kelurahan kepada warga RT 05, 06, dan 07 Kelurahan Gambut Barat, kemudian mengadakan musrenbang dengan mempertemukan pihak-pihak yang bersangkutan dengan perencanaan program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, selanjutnya menentukan hal apa saja yang harus dilakukan pada pelaksanaan kegiatan perencanaan program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan perencanaan program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yaitu tidak tersedianya lahan kosong atau tidak adanya tanah hibah dari warga untuk pembangunan sarana/prasarana sanitasi, anggaran dana yang masih terhambat dari Pemerintah Kabupaten untuk membangun sarana/prasarana sanitasi, serta adanya faktor kebiasaan dari warga yang masih menggunakan jamban apung atau jamban yang terdapat di sekitaran sungai.

 

Kata Kunci : Perencanaan, Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI