DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Pembelajaran Unsur Kebahasaan Teks Ulasan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018/2019
PENGARANG:RINI ENDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-09


Teks ulasan atau resensi buku ialah teks yang berisi tinjauan suatu karya, baik berupa film, buku (fiksi dan nonfiksi), benda, dan sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar. Pengetahuan tentang teks ulasan sangat penting dikuasai sejak jenjang pendidikan menengah pertama. Pemilihan tempat penelitian berdasarkan pertimbangan bahwa sekolah SMP Negeri 24 Banjarmasin mendapatkan gelar sekolah ADIWIYATA dan terdaftar sekolah berakreditasi A. berdasarkan hal tersebut, peneliti mengetahui pelaksanaan pembelajaran unsur kebahasaan teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Permasalahan penelitian bagaimanakan proses pelaksanaan pembelajaran unsur kebahasaan teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik. Peserta didik yang diteliti yaitu kelas VIIIB sebanyak 30 orang peserta didik. 

Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 24 Banjarmasin kelas VIIIB dikatakan mampu menentukan unsur kebahasaan teks ulasan. Hasil dari proses pelaksanaan pembelajaran yang kurang terlihat dikegiatan inti saat menanya, peserta didik kurang aktif dan kurang kritis terhadap materi yang dipelajari. Sehingga nilai yang diperoleh tidak maksimal. Adapaun nilai diperolah di atas rerata KKM 75 dari 17 peserta didik dan 13 peserta didik mendapatkan nilai sesuai dengan standar ketuntasan 75.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI