DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penyampaian Informasi Pemilu 2019 Melalui Media Periklanan Televisi dan Media Perikalanan Internet (Studi Pada Pemilih Pemula Kota Banjarmasin Usia 17-21 Tahun)
PENGARANG:A NISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-10


ABSTRAK

Anisah, D1C115046. 2019 Efektivitas Penyampaian Informasi Pemilu 2019 Melalui Media Periklanan Televisi Dan Media Periklanan Internet (Studi Pada Pemilih Pemula Kota Banjarmasin Usia 17-21 Tahun). Dibimbing oleh, Sri Astuty dan Andika Sanjaya.

Dalam penyampaian informasi pemilu 2019 melalui media periklanan televisi dan media periklanan internet perlu adanya pengkajian seberapa besar efektivitas media periklanan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan yang ditetapkan terhadap sasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyampaian informasi pemilu 2019 melalui media periklanan televisi dan media periklanan internet.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah pemilih pemula Kota Banjarmasin pada pemilu 2019 dengan sampel sebanyak 394 yang terbagi di 5 wilayah kecamatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode clutser sampling. Teknik analisis data menggunakan metode EPIC model. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan independen sample t-test.

Hasil hipotesis yang didapatkan yaitu sig (2-tailed) (0,715) > (0,05) dengan derajat kepercayaan 95%, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis tidak terdapat perbedaan efektivitas penyampaian informasi antara media televisi dan media internet. Namun, jika dilihat berdasarkan skor EPIC rate maka media periklanan internet lebih efektif dibandingkan media periklanan televisi dengan hasil berupa (1) skor EPIC rate dimensi empathy media televisi sebesar 3,48, sedangkan media internet sebesar 3,513; (2) skor EPIC rate dimensi persuasion media televisi sebesar 3,675, sedangkan media internet sebesar 3,685; (3) skor EPIC rate dimensi impact media televisi sebesar 3,523, sedangkan media internet sebesar 3,533; dan (4) skor EPIC rate dimensi communication media televisi sebesar 3,558, sedangkan media internet sebesar 3,592.

 

Kata kunci: Efektivitas, Media Massa, Iklan, EPIC Model

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI