DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 13 BANJARMASIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
PENGARANG:ARNYS YUNITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-10


MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 13 BANJARMASIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Oleh: Arnys Yunita Sari; Pembimbing: Zainuddin, Sarah Miriam; 2018; 69 halaman)

 

 

ABSTRAK

 

Aktivitas dan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII-D di SMP Negeri 13 Banjarmasin tergolong masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII-D melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan khusus penelitian ini yaitu mendekripsikan: (1) keterlaksanaan RPP dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 13 Banjarmasin. Data diperoleh melalui observasi dan tes lalu di analisis secara deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) keterlaksanaan RPP secara keseluruhan meningkat dari kategori cukup menjadi sangat baik, (2) aktivitas siswa meningkat dari sebesar 49,91% menjadi 78,50%, dan (3) hasil belajar pengetahuan meningkat dari sebesar 59,25% menjadi 77,78%. Oleh karena itu, diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII-D SMP Negeri 13 Banjarmasin.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI