DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Algoritma Alpha Beta Pruning Pada Permainan Mul - Mulan
PENGARANG:M.RIDHO HANDOKO-1486
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-10


Mul-mulan adalah salah satu permainan asah otak tradisional yang berasal dari jawa, permainan ini berjenis permainan papan yang dimainkan oleh dua orang secara bergiliran. Penelitian ini membangun aplikasi permainan mul – mulan menggunakan algoritma minimax dan alpha beta pruning. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan waktu eksekusi dan respon langkah antara algoritma minimax dan alpha beta pruning serta mengetahui persentase kemenangan untuk tiap level. Terdapat 3 level dalampermainan ini yaitu random, minimax dan alphabeta. Adapun metode pengembangan sistem yaitu menggunakan GDLC (Game Development Life Cycle). Hasil penelitian yang didapat yaitu perbandingan waktu eksekusi langkah antara algoritma minimax dan alpha beta pruning dari sembilan langkah yaitu 0,0042, 0,0043, 0,0044, 0,0045, 0,0038, 0,0038, 0,0054, 0,0049 dan 0,0106 detik. Untuk perbandingan waktu eksekusi pergeseran bidak antara algoritma minimax dan alpha beta pruning dari sepuluh langkah uji coba adalah 1,73 : 1, 1,78 : 1, 1,63 : 1, 1,71 : 1, 1,60 : 1, 1,57 : 1, 1,67 : 1, 1,56 : 1, 1,63 : 1, 1,62 : 1. Untuk respon langkah yang diberikan oleh algoritma minimax dan alpha beta pruning yaitu sama. Persentase kemenangan tiap level yaitu random 100%, minimax 30% dan alphabeta 50%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI