DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN DALAM MERAIH PENGHARGAAN PIALA ADIPURA
PENGARANG:Rizky Muhammad
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-10


ABSTRAK

Rizky Muhammad, D1A114077, 2019, Kinerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Dalam Meraih Pengharggan Piala Adipura. Dibimbing oleh :  Enly Hadiyanor.

 

Perbaikan kinerja organisasi menjadi isu yang semakin penting, salah satunya dalam meningkatkan Kebersihan Di wilayah suatu kota diperlukan organisasi yang baik untuk menanganinya, begitu pula  Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang menangani tentang kebersihan kota termasuk dalam Meraih penghargaan Piala Adipura.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dalam Meraih Penghargaan Piala Adipura dan faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam Meraih Penghargaan Piala Adipura. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci meliputi kepala bidang tata lingkungan dan kasi pemantauan lingkungan dan tim pemenangan Piala Adipura. Teknik analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (verifikasi).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarmasin tergolong baik. Hal ini di lihat dari indikator produktifitas  dengan  kebijakan pengurangan kantong plastik, Kualitas pelayanan sudah cukup baik dengan disediakannya berbagai macam sarana dan prasarana untuk mengatasi permasalahan sampah sampah, namun masih kurang dan harus ditingkatkan, Responsivitas cukup baik karena langsung menanggapi aduan dari masyarakat, Responsibilitas sudah baik dengan membuat setiap kebijakan sesuai dengan prosedur yang berlaku, Akuntabilitas sudah baik terlihat dari tidak adanya kendala dalam pertanggung jawabannya dan pertanggng jawaban dilakukan tidak hanya kepada pemerintah kota tetapi kepada masyarakat. Faktor-faktor pendukung  kinerja Dinas Lingkungan Hidup dalam Meraih Penghargaan Piala Adipura yaitu : Kuantitas dan kualitas SDM, Dukungan pemerintah dan ketersediaan sarana prasarana, sedangkan faktor-aktor penghambat yaitu: kurangnya kesadaran masyarakat, dan waktu pengadaan sarana dan prasarana.

 

 Saran bagi Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin untuk meningkatkan kinerja yaitu : Tetap fokus pada tujuan dan tetap konsisten dalam usaha utnuk mewujudkan tujuan yang telah ditentukan, penambahan sarana prasarana dan tenaga pengelola sampah harus segera dilakukan mengingat produksi sampah pun terus bertambah, tetap pertahankan sikap sigap, tegas dan ramah dalam melayani.

 

Kata kunci: kinerja, meraih, adipura

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI