DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AUDIT KOMUNIKASI ORGANISASI PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANJARMASIN
PENGARANG:Y ULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-10


Abstrak

            Yulia, D1C115090, 2019, Audit Komunikasi Pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Banjarmasin. Dibimbing olah Sri Astuty dan Atika.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas komunikasi yang berjalan di LPP RRI Banjarmasin. Audit Komunikasi merupakan salah satu upaya evaluasi kepada suatu organisasi. Selain itu penelitian ini memiliki dua fokus, yaitu Kepuasan Komunikasi Organisasi Komunikasi dan Efektivitas Komunikasi.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data kuantitatif yang kemudian diperdalam dengan data kualitatif. Adapun tipe penelitian pada audit komunikasi Organisasi di LPP RRI ini adalah deskriptif evaluatif yaitu menggambarkan komunikasi organisasi yang berlangsung di LPP RRI Banjarmasin.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan komunikasi di LPP RRI menurut tiga dimensi Kepuasan Komunikasi-ICA (International Communication Assosiation) dari Down Hazen memiliki tingkat kepuasan yang tergolong Tinggi pada kisaran 3,59. Kepuasan Komunikasi Organisasi memiliki penilaian yang tinggi dari para pegawai. Hal ini menunjukkan bahwa organisasi dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pegawai dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Sedangkan pada Efektifitas komunikasi menurut indikator pada Model Profil Keorganisasaian juga tergolong Efektifitas yang Tinggi yaitu 3,53. Komunikasi pada enam aspek efektivitas komunikasi organisasi menurut model Profil Keorganisasian berjalan dengan efektif di LPP RRI Banjarmasin sehingga kerja fungsional organisasi dapat terpenuhi.

 

Kata Kunci: Audit Komunikasi, Kepuasan Komunikasi, dan Efektifitas Komunikasi

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI