DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK BIDANG PERIZINAN DI KECAMATAN BAKUMPAI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD RIF'HAN RAHMADIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-11


ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Bidang Perizinan Di Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala”. Peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul ini karena Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh kecamatan di setiap daerah dan merupakan inovasi pemerintah untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan dalam meningkatkan pelayanan publik bidang perizinan di Kecamatan Bakumpai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan dalam meningkatkan pelayanan publik bidang perizinan masih belum efektif. Hal ini tampak dari dimensi adaptasi dimana kemampuan petugas penyuluh melalui pengadaan dan pengisian sumber daya manusia yang sepenuhnya kompeten serta pelaksanaan kegiatan program yang belum didukung dengan sarana dan prasarana yang mendukung. Selain itu tidak ada kotak saran yang disediakan pihak kecamatan untuk masyarakat menyampaikan pengaduannya. Dalam hal dimensi pencapaian tujuan dan integrasi sudah dilaksanakan secara efektif.

Saran yang dapat dirumuskan adalah membuat kotak saran untuk masyarakat menyampaikan aduannya, penambahan petugas PATEN di Kecamatan Bakumpai serta meningkatkan kemampuan dan kualitas petugas PATEN dengan melaksanakan pelatihan pegawai yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan bidang yang ditugaskan. Selain itu juga, melakukan sosialisasi berkala mengenai prosedur ataupun peraturan dalam hal mengurus perizinan. Dalam hal ini harus dilaksanakan secara nyata dan diupayakan berjalan dengan optimal, sehingga dapat meningkatkan efektivitas program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan dalam meningkatkan pelayanan publik bidang perizinan di Kecamatan Bakumpai.

 

Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, Perizinan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI