DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ANNISA APRILIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-11


ABSTRAK

 

Apriliana, Annisa. 2019. Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M. Hum.; (II) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd. 

Kata kunci: kemampuan menulis, naskah drama satu babak

Penelitian ini dibuat karena masih banyak siswa yang merasa kesulitan ketika disuruh membuat naskah drama dengan alas an sulit untuk menemukan ide. Selain Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin dan mendeskripsikan hasil kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa digambarkan dalam bentuk angka-angka. Dari gambaran dalam bentuk angka akan diketahui seberapa besar kemampuan siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ialah tes tertulis. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. 

Hasil proses pembelajaran menunjukkan bahwa guru tidak sepenuhnya menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman. Namun, terlepas dari itu guru memberikan materi menggunakan metode ceramah sudah baik dan bahasa yang digunakan mudah dipahami. Hasil kemampuan menulis naskah drama siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67,4 berada dalam kategori cukup baik. Pada aspek penokohan, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 68,2 berada dalam kategori cukup baik. Pada aspek alur, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71,6 berada dalam kategori cukup baik. Pada aspek latar, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 92  berada dalam kategori sangat baik. Pada aspek dialog, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 68,2 berada dalam kategori cukup baik. Pada aspek konflik, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 55,7 berada dalam kategori kurang baik. Pada aspek kaidah penulisan, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 48,9 berada dalam kategori kurang baik. 8

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI