DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018-2019
PENGARANG:YUNITA RAKHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-11


Rakhmi, Yunita, 2019. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Peserta Didik 

Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. H. Zulkifli, M.Pd.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

Kata Kunci: kemampuan menulis, teks prosedur

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks prosedur peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin; (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin; (3) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur pada aspek isi, struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. 

Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitaf, yaitu penelitian yang menghasilkan bentuk angka-angka untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur peserta didik. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling karena jumlah populasinya tidak lebih besar dari 100 responden, maka penulis mengambil seluruh populasi peserta didik kelas VII yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan ialah tes tertulis. 

Dalam proses pembelajaran guru tidak sepenuhnya berpedoman pada RPP. Ada beberapa hal dalam RPP yang tidak tidak dilaksanakan saat proses belajar mengajar berlangsung. Seperti kurangnya media pembelajaran dan tidak terlaksananya kegiatan mengomunikasikan yang telah tercantum dalam RPP.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin memeroleh nilai rata-rata 73,75 dalam menulis teks prosedur. Nilai rata-rata aspek isi peserta didik 96 dalam kategori sangat mampu. Pada aspek struktur, nilai rata-rata peserta didik 83 dalam kategori mampu. Pada aspek kaidah penulisan nilai rata-rata 34 kategori kurang mampu, dan pada aspek ciri kebahasaan, nilai rata-rata 78 termasuk cukup mampu. Hasil penilaian secara klasikal memeroleh nilai (56%) maka kemampuan menulis peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin tidak tuntas secara  penilaian klasikal. 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI