DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis pengaruh pendidikan pertumbuhan penduduk dan investasi terhadap kemiskinan di kalimantan selatan
PENGARANG:LELI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-11


ABSTRAK

Leli Safitri,  (2018)   Analisis Pengaruh Pendidikan, Pertumbuhan Penduduk Dan Investasi Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Kalimantan Selatan. Di  Bimbing oleh  Drs. Muhammad Effendi, MS. 

Kemiskinan merupakan permasalahan di dalam pembangunan yang sangat kompleks dan menyangkut berbagai aspek. Permasalahan kemiskinan erat kaitannya dengan rendahnya pendapatan yang diterima oleh tenaga kerja yang disebabkan karena kualitas pendidikan yang masih rendah, pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi menciptakan lebih banyak pengangguran, pertumbuhan investasi antar daerah yang berbeda sehingga sulit untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat miskin, jika pertumbuhan ekonomi daerah hanya di dominasi oleh kegiatan produksi tertentu dan lebih banyak menggunakan tenaga kerja berpendidikan tinggi dari luar daerah, menyebabkan masyarakat miskin harus selalu hidup dibawah lingkaran kemiskinan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data panel. Data panel merupakan analisis gabungan dari data time series  dari tahun 2013-2017 dan data cross section yaitu seluruh kabapaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan yang terdiri dari 13 Kabupaten/Kota. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar pengaruh pendidikan, pertumbuhan penduduk dan investasi terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan  menggunakan software Eviews 9 analisis regresi data panel  dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Fixed Effect Model. Hasilnya menunjukan bahwa pendidikan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan, pertumbuhan penduduk berpengaruh negatif signifikan terhadap kemiskinan dan investasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kata kunci : Kemiskinan, Pendidikan, Pertumbuhan Penduduk, Investasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI