DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PARTISPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN RUANG TERBUKA HIJAU RANTAU BARU DI KOTA RANTAU KABUPATEN TAPIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ISMA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-11


Sari, Isma. 2019. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Rantau Baru di Kota Rantau Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Pembimbing : Dr.Ir.Taufik Hidayat, M.Si, Prof. Dr. Ir. Danang Biyatmoko, M.Si, Dr.Drs. Suyanto, MP. 

 

Kata Kunci : Partisipasi masyarakat, Ruang terbuka, Ruang hijau 

 

Pemerintah Kabupaten Tapin mengupayakan penyediaan Ruang Terbuka Hijau publik di Kota Rantau, proses pengelolaan RTH yang baik dan berkelanjutan tidak lepas dari beberapa hal, salah satunya adalah partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan keberadaan RTH. Kota Rantau memiliki Ruang Terbuka Hijau Rantau Baru yang selalu dikunjungi warga setiap harinya karena berlokasi strategis berada di pusat Kota Rantau dan memiliki fasilitas menarik yaitu danau buatan sebagai arena bermain sepeda air.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Rantau Baru serta upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin dalam mendorong peran serta masyarakat dalam pengelolaan RTH. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara kepada informan, observasi langsung ke lapangan dan penyebaran kuesioner kepada responden yaitu pengunjung RTH Rantau Baru serta pengumpulan data sekunder lainnya berupa data tertulis dari berbagai pustaka serta foto dokumentasi selama penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sangat senang dengan adanya RTH Rantau Baru namun kurang berpartisipasi dalam pemanfaatan dan pengelolaannya, hal tersebut disimpulkan dari persentase jawaban pengunjung yang tertuang dalam kuesioner dan juga terlihat dari perilaku masyarakat ketika berkunjung ke RTH. Namun demikian Instansi Pemerintah Daerah tetap konsisten akan terus meningkatkan kualitas sarana dan prasarana di RTH Rantau Baru sehingga diharapkan masyarakat akan tertarik berkunjung dan merasa nyaman melakukan kegiatan rekreasi dan berolahraga ringan di Ruang Terbuka Hijau Rantau Baru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI