DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Pariwisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara
PENGARANG:AZMY PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


ABSTRAK

Azmy Pratama. 2019. Faktor – Faktor Yang  Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Pariwisata di Kabupaten Hulu  Sungai Utara, Universitas Lambung Mangkurat.  Pembimbing  (I)   Dr. H. Rizali, MP ,  Pembimbing  (II)  Dr.H.Ahmad Yunani, SE,M.Si.

Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan yang memiliki potensi di sektor pariwisatanya karena memiliki jumlah obyek wisata cukup banyak. Potensi tersebut ternyata belum mampu meningkatkan pendapatan asli daerah sektor pariwisata dalam jumlah yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penduduk, tingkat hunian hotel, dan jumlah wisatawan terhadap pendapatan asli daerah sektor pariwisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Jenis dan sumber data menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis pengaruh Jumlah Penduduk (X1), Tingkat Hunian Hotel (X2) dan Jumlah Wisatawan (X3) terhadap Pendapatan Asli Daerah Sektor Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2008-2018 dilakukan dengan menggunakan metode Ordinary Least Squares (OLS). Analisis model ini menggunakan alat bantu progam komputer Eviews 9.

Berdasarkan analisis regresi linear berganda diperoleh model persamaan:PAD=-1,6300 + 7465,497 P+ 38877,68 THH+ 414,9256 JW + e. Persamaan tersebut diuji berartiannya dengan probabilitas uji t, dengan thitung variabel penduduk sebesar 0,0471, variabel Tingkat Hunian Hotel dengan thitung sebesar 0,0022 dan untuk variabel jumlah wisatawan sebesar 0,6629, probabilitas dua variabel tersebut lebih kecil dari taraf nyata yang digunakan yaitu 0,05 sedangkan satu variabel lebih besar dari dari taraf nyata yang di gunakan 0,05. Sedangakan pengujian Fhitung 0,4730> Ftabel 0,05 yang keputusannya adalah non autokorelasi.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penduduk dan tingkat hunian hotel berpengaruh terhadap endapatan asli daerah sektor pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Utara, Sedangkan jumlah wisatawan tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah sektor pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Utara. Rendahnya jumlah wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Hulu Sungai Utara dikarenakan kurang optimalnya peran pemerintah dalam mengelola kepariwisataan yang ada.Berkaitan dengan penelitian ini disarankan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk memperbanyak promosi wisata serta melakukan pembenahan terhadap berbagai fasilitas obyek wisata serta dibangunnya toko souvenir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sektor pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kata Kunci : Penduduk, Tingkat Hunian Hotel, Jumlah Wisatawan, Pendapatan Asli Daerah Sektor Pariwisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI