DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Graving Dock Banjar-2 PT Dok Dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Shipyard Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD SYARIFULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


PERENCANAAN GRAVING DOCK BANJAR-2 PT DOK DAN PERKAPALAN KODJA BAHARI (PERSERO) SHIPYARD BANJARMASIN

 

Oleh:

Muhammad Syarifullah

 

Pembimbing:

Ir. Markawie, MT

 

ABSTRAK

PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) melalui program pengembangan prasarana akan mengembangkan 2 buah dok kapal dengan berbeda kapasitas di galangan kapal (shipyard) Banjarmasin. Pengembangan dok kapal di galangan kapal (shipyard) Banjarmasin rencananya akan dilakukan peningkatan kapasitas dok, seperti pada graving dock banjar-2 yang semula dari kondisi Panjang 90 m, lebar 30 m dengan kedalaman 3,8 m, menjadi panjang 130 m, lebar 35 m serta kedalaman 6,1 m. Selain peningkatan kapasitas perlu dilakukan analisis kestabilan dan kekuatan struktur.

Metode pendekatan yang dilakukan dalam perancangan ini dimulai denganpengumpulan data penyelidikan di lapangan dan laboratorium. Kemudian dilanjutkan menghitung gaya yang bekerja pada dinding penahan tanah akibat beban kerja crane diatas dinding dan tanah timbunan. Dilanjutkan dengan perhitungan daya dukungyang bekerja pada tiang dan daya dukung lateral tiang. Setelah itu menghitung pembebanan yang terjadi pada pelat lantai kemudian menghitung daya dukung tiang untuk pelat yang sehingga dapat menahan beban dari kapal diatasnya. Terakhir, dihitung kuantitas dan harga satuan pekerjaan untuk mendapatkan rencana anggaran biaya.

Dari hasil perencanaan didapatkan Counterfort dengan ketinggian 6,1 m, lebar kaki dinding 3,9 m, 0,3 m untuk tebal badan dinding, tinggi kaki dan lebar kisi-kisi dinding 0,3 m dengan jarak antar kisi-kisi 3 m.Daya dukung lateral sebesar 49,885 ton, sedangkan untuk daya dukung vertikal yang diterima tiang sebesar 7,032 ton/tiang dan 3,12 ton/tiang untuk daya dukung lateral. Sedangkan untuk pelat lantai direncanakan pelat dengan ketebalan 0,3 m dengan jarak antar tiang pancang 9 m x 7,5 m. Dari hasil pembebanan pelat didapatkan beban sebesar 1,636 ton/m2, beban kerja dari kapal sebesar 80,447 ton. Berdasarkan perhitungan volume dan harga satuan pekerjaan, perancangan ini memerlukan biaya sebesar Rp. 25.504.360.000,-.

 

 

Kata Kunci: Graving Dock, Dinding Penahan Tanah, Pelat Lantai, Tiang Pancang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI