DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI MANAJEMEN PERENCANAAN SARANA BAGI PASIEN RAWAT INAP DI RSUD BRIGJEND H. HASAN BASRY KANDANGAN
PENGARANG:ARYA GUNADI WIBOWO
PENERBIT:PROGRAM MAGISTER SAINS ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
TANGGAL:2017-11-27


ABSTRAK

Arya Gunadi Wibowo (D2A314006), Strategi Manajemen Perencanaan Sarana Bagi Pasien Rawat Inap Di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan, Magister Sains Administrasi Pembangunan. Universitas Lambung Mangkurat. dibawah bimbingan Dr. Acep Supriadi, M. Pd, MAP dan Dr. Mada Teruna, M.Si

Penelitian tesis ini dilakukan dilatarbelakangi permasalahan pengelolaan sarana rumah sakit yang terjadi di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan tahun 2013 dan 2014. Permasalahan tersebut mencakup penyediaan Obat Darurat dan Bahan Alat Kesehatan Habis Pakai belum dilaksanakan sesuai kebutuhan, manajemen  belum memenuhi  prinsip perencanaan  yang  baik  dalam  menyusun perencanaan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana rawat inap, pengelolaan sarana dan prasarana untuk  mendukung pelayanan belum optimal.

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan permasalahan dalam melakukan manajemen perencanaan sarana di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan penyebab permasalahan dalam melakukan manajemen perencanaan sarana di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan dan strategi menyelesaikan permasalahan dalam melakukan manajemen perencanaan sarana di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan perencanaan sarana terjadi pada setiap tahap perencanaan yaitu pemilihan sarana, kompilasi pemakaian sarana, perhitungan kebutuhan sarana, proyeksi kebutuhan sarana. Strategi untuk menyelesaikan permasalahan di atas yaitu memprioritaskan membuat pedoman pemilihan sarana, memberikan masukan kepada kepala ruangan agar memyampaikan usulan kebutuhan sesuai prosedur, membuat pedoman perhitungan kebutuhan dan membuat pedoman proyeksi kebutuhan sarana.

Kata kunci: Penyebab masalah, strategi penyelesaian masalah, perencanaan sarana.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI