DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERAMAH OLEH PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RIDHA KUSUMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


Kusumawati, Ridha. 2019. Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Ceramah Oleh Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D; (II) Ahsani Taqwiem, M.Pd.

                                                  

Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, teks ceramah

 

Keterampilan membaca adalah hal yang dianggap mudah oleh sebagian peserta didik. Tetapi hal ini tidak terjadi pada keterampilan membaca pemahaman. Permasalahan yang muncul adalah sulitnya peserta didik dalam memahami isi bacaan secara keseluruhan, padahal kemampuan membaca pemahaman adalah kunci seorang peserta didik dalam menjalani pendidikan karena untuk memperoleh ilmu tiap peserta didik harus membaca dan memahami isi bacaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimpulkan isi dalam teks ceramah, menentukan ide pokok tiap paragraf teks ceramah, dan kemampuan mengetahui arti kosa kata dalam teks ceramah. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena kemampuan membaca pemahaman digambarkan dalam bentuk angka-angka. Dari dalam gambaran bentuk angka-angka akan diketahui seberapa besar kemampuan peserta didik. Dari sampel penelitian ini berjumlah 30 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Teknik pengumpulan data berupa tes praktik membaca pemahaman disertai pertanyaan. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif.

Hasil kemampuan peserta didik menyimpulkan isi dalam teks ceramah mencapai rata-rata 7,16%, rata-rata menentukan ide pokok 41,5%. Rata-rata mengetahui arti kosa kata 30,3%. Dan jumlah keseluruhan yaitu 79%.

Rata-rata ketuntasan individual kemampuan membaca pemahaman teks ceramah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Banjarmasin yaitu 79% atau bisa disebut dengan nilai 79, sedangkan KKM mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 75.

Rata-rata ketuntasan klaksikal kemampuan membaca pemahaman teks ceramah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Banjarmasin yaitu 66,76% sedangkan ketuntasan klaksikal jika >85% peserta didik mencapai ketuntasan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI