DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Pemeblajaran Menulis Cerita Pendek Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin
PENGARANG:NOOR HANIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


ABSTRAK

Hanifah, Noor. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Moh Fatah Yasin, M.Pd., (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

Kata kunci: pembelajaran, menulis, cerita pendek

Bahasa Indonesia merupakan pelajaran wajib di sekolah. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat aspek keterampilan yakni menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Keterampilan menulis yang tidak diimbangi dengan praktik akan menjadi faktor kurang terampilnya peserta didik dalam menulis. Pembelajaran menulis cerita pendek dianggap lebih sukar dari pembelajaran lainnya. Penelitian ini fokus pada keterampilan menulis, yaitu pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek.kelas IX SMPN 24 Banjarmasin.  

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian  dalam penelitian yaitu dengan mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa proses pembelajaran menulis cerita pendek. Teknik pengumpulan data dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Berdasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen kelas IX SMPN 24 Banjarmasin. Maka, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kegiatan perencanaan rancangan RPP sesuai dengan Kurikulum 2013. Komponen  pada pelaksanaannya terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan  penutup. Tahapan penilaian guru menilai berdasarkan aspek sikap dan fokus pada keterampilan. 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI