DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KOMUNIKASI ANTARA ANAK TUNANETRA DENGAN ANAK TUNARUNGU MENGGUNAKAN MEDIA KARTIRAILLE DI SDN INKLUSI BENUA ANYAR 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NOVIA RIFQI SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


Penglihatan dan pendengaran merupakan indra manusia yang sangat penting dalam penerimaan informasi. Anak yang kehilangan salah satu saja dari fungsi panca indra maka ia akan memiliki hambatan besar dalam penerimaan informasi dan ia seperti kehilangan sebagian kehidupan yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan terhadap Anak Tunanetra dengan Anak Tunarungu, yang mana keduanya diharapkan bisa saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya.Seperti yang telah diketahui, permasalahan yang terdapat pada Anak Tunanetra adalah tidak bisa melihat. Sedangkan, permasalahan yang ada pada Anak Tunarungu adalah tidak bisa mendengar dan tidak bisa berbicara. Dengan keterbatasan seperti itu, sangat minim bisa terjadi komunikasi Antara ke duanya, Sehingga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Antara Anak Tunanetra dengan Anak Tunarungu dalam penelitian ini peneliti menggunakan media Kartiraille. Berdasarkan permasalahan di atas maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media Kartiraille dalam peningkatan komunikasi antara Anak Tunanetra dengan Anak Tunarungu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yaitu dengan  rancangan metode yang digunakan adalah Single Subjek Research  (SSR) atau  sering disebut dengan Penelitian Subjek Tunggal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A. Anak dalam penelitian ini adalah anakTunanetra dan anak Tunarungu kelas IV SDN Inklusi Benua Anyar 4 Banjarmasin, dengan subjek yang berinisial M sebagai Anak Tunanetra dan A sebagai Anak Tunarungu. Sistem pencatatan data menggunakan Pencatatan dengan observasi langsung yaitu dengan Pencatatan kejadian (menghitung frekuensi). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.

               Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan komunikasi antara anak Tunanetra dengan Anak Tunarungu kelas IV SDN Inklusi Benua Anyar 4 Banjarmasin. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah  adanya pengaruh penggunaan media Kartiraille dalam peningkatan komunikasi antara Anak Tunanetra dengan Anak Tunarungu kelas IV SDN Inklusi Benua Anyar 4 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI