DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DESI APRIANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


Penelitian ini dibertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis struktur teks ceramah, menganalisis pokok bahasan setiap paragraf, dan menyusun struktur teks ceramah menggunakan media youtube peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 4 Banjarmasin. Penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan guru dalam penggunaan media youtube saat melakukan proses belajar mengajar teks ceramah di SMAN 4 Banjarmasin.

Penelitian ini berlandaskan teori-teori sebagai berikut: ceramah sebagai wacana lisan, struktur teks ceramah, dan media pendidikan. Ceramah termasuk ke dalam wacana lisan yang memiliki struktur teks yang selaras, seperti yang dinyatakan Van Dijk, yaitu: pembukaan, isi dan penutup. Sedangkan media pendidikan audio-visual dalam penelitian ini yaitu video dari youtube tentang struktur teks ceramah dan satu video ceramah singkat sebagai contoh.

Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif karena kemampuan menganalisis struktur teks ceramah peserta didik digambarkan dalam bentuk angka dan narasi. Dari gambaran angka dan narasi akan diketahui seberapa mampu peserta didik dalam pembelajaran. Sumber data pada penelitian ini berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis.Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif.

Hasil kemampuan menganalisis struktur teks ceramah peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh adalah 82,1 berada dalam kategori tinggi. Pada aspek pokok bahasan setiap paragraf, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 78,1 berada dalam kategori cukup. Pada aspek menyusun struktur teks ceramah, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 78,0 berada dalam kategori cukup.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI