DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP KEAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 21 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:Azhar Maulana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 21 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019(oleh: AzharMaulana; pembimbing: H. IskandarZulkarnain, Asdini Sari; 2018)

ABSTRAK

Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kompetensi yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Guna memperoleh hasil yang lebih baik dalam pembelajaran, guru perlu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswamelalui model pembelajaran. model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW), dimana saat siswa memecahkan suatu permasalahan mereka dapat langsung menyampaikan pemikirannya kepada teman kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model TTW, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (3) menganalisis ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran langsung. Bentuk penelitian adalah quasi eksperimen dengan populasinya  semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Sampel dipilih dua kelas secara purposive, yang mewakili kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berada dalam kriteria baik dengan rata-rata pencapaian sebesar 77,01 (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam model pembelajaran langsung berada dalam kriteria cukup dengan rata-rata pencapaian sebesar 59,34 dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif think talk write dan model pembelajaran langsung.

 

Kata kunci:kemampuan komunikasi matematis, model pembelajarankooperatiftipethink talk write, model pembelajaranlangsung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI