DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI ATMOSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 2 KUALA KAPUAS TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:BUDI IRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


Budi Irawan, 2018 Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/2017. Tesis, Program, Studi Megister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat,  pembimbing (I) Dr. HerryPorda Nugroho Putro, M.Pd, pembimbing (II) Dr. DeasyArisanty, M.Sc.

Kata Kunci: Model Jigsaw, AktivitasSiswa, HasilSiswa

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi melalui model jigsaw siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Kuala Kapuas. Penerapan model jigsaw pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Kuala Kapuas diharapkan dapat berdampak positif untuk membangun aktifitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran geografi khususnya materi atmosfer.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), desain penelitian ini menggunakan model Suharsimi yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Kuala Kapuas yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan tindakan setiap siklus dilakukan dengan cara menggunakan model jigsaw.

            Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi. Metode observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas siswa pada saat mengikuti pelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini mengunakan kriteria normative yaitu apabila terjadi kenaikan sesudah tindakan. Peneliti ini guru melakukan penerapan model jigsaw pembentukan kelompok asal, kelompok ahli, diskusi dan presentasi.

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:  (1) aktifitas siswa meningkatdari 36,30% kategori kurang aktif menjadi 70,42% kategoriaktif. (2) hasil belajar siswa meningkat darix 70,42% menjadi 80,55%, dengan demikian penerapan model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas cx dan hasil belajar geografi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Kuala Kapuas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI