DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Budaya Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 4 Banjarmasin
PENGARANG:HESTIRA CAYU DAHNIAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


ABSTRAK

 

Dahniar, Hestira Cayu. 2019. Hubungan Budaya Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (II) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd. 

Kata kunci: budaya membaca, hasil belajar

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas XII di SMA Negeri 4 Banjarmasin dan mendeskripsikan hubungan budaya membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif-kuantitatif karena data budaya membaca, hasil belajar Bahasa Indonesia, dan hubungan kedua variabel tersebut dianalisis dalam bentuk angka-angka. 

Penelitian dilaksanakan dengan sampel 58 peserta didik yang diambil dari kelas XII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah budaya membaca, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik dari semester satu sampai dengan lima. Metode analisis data penelitian ini pertama, menggunakan statistik-deskriptif untuk mengetahui distribusi frekuensi temuan data dari lapangan. Kedua, untuk menguji hipotesis menggunakan uji analisis korelasi product moment dengan SPSS 16 (Statistical Package for Social Sciences).

Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata budaya membaca peserta didik sebesar 108,55 dan tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 79,26 dan tergolong dalam kategori sedang. Dari kedua variabel tersebut didapat perolehan koefisien korelasi positif, yang artinya ada hubungan antara budaya membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik. Angka korelasi yang dihasilkan adalah 0,513. Hasil korelasi ini tergolong hubungan yang agak rendah karena terletak pada interval 0,400 sampai dengan 0,600. Berdasarkan hasil analisis tersebut, Ha diterima dan Ho ditolak. Ha yang diterima dalam penelitian ini, yaitu: ada hubungan yang positif dan signifikan antara budaya membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI