DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Media Kartu Bergambar pada Peserta Didik Kelas VIII D MTs Negeri 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018-2019
PENGARANG:SIFA NURAZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-12


ABSTRAK

 

 

Nurazizah, Sifa. 2019. Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Media Kartu Bergambar Pada Peserta Didik Kelas VIII D MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Noor Cahaya, M. Pd ; (II) Dewi Alfianti, M. Pd.

 

Kata Kunci: Menyusun, Kemampuan, Teks eksplanasi, kartu bergambar

Penelitian ini dipilih dengan alasan untuk mengetahui kemampuan peserta didik menyusun teks eksplanasi dengan media kartu bergambar. Kemampuan menyusun teks eksplanasi dapat melatih peserta didik untuk mempelajari peristiwa dan fenomena alam yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, menyusun teks eksplanasi merupakan kegiatan dari hasil pengamatan peserta didik mengenai teks tersebut. Media yang dipilih dalam pembelajaran ini adalah media kartu bergambar rentetan peristiwa fenomena alam yang akan mereka susun menjadi sebuah tek eksplanasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pemahaman peserta didik dalam pengaplikasian menysun teks eksplanasi dengan media kartu bergambar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun teks eksplanasi  dengan media kartu bergambar pada peserta didik MTs Negeri 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018-2019.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adlah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Banjarmasin Tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas dan berjumlah 259 orang. Sampel penelitian diambil dari satu kelas yaitu kelas VIIID sehingga sampel penelitian ini adalah 34 orang. Instrumen yang digunakan untul memperoleh data adalah tes essay.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi memiliki rata-rata 75 dan berada pada kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 65-100 dengan kategori sangat baik. Ada 2 peserta didik mendapatkan nilai 100, 3 peserta didik mendapatkan nilai 95, 6 peserta didik mendapatkan nilai 90, 7 peserta didik mendapatkan nilai 85, 10 peserta didik mendapatkan nilai 75, 2 peserta didik mendapatkan nilai 70,dan 2 peserta didik mendapatkan nilai 65.

Saran pada penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian dapat diambil dua saran yaitu bagi peneliti dapat dijadikan referensi yang lebih inovatif. Bagi peserta didik perlu berlatih menulis untuk mengasah kemampuan menulis agar tidak kesulitan ketika harus menulis teks dengan jenis yang berbeda.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI