DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PERENCANAAN KOMUNIKASI PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN KELUARGA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NURUL HELDA MARISDIANI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-29


Program Kemitraan dengan Keluarga merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara orang tua dan sekolah untuk saling mendukung dalam membangun ekosistem pendidikan yang mampu menumbuh kembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan komunikasi program Kemitraan dengan Keluarga pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif dengan tipe penelitian deskriptif melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman dalam Emzir (2012: 129-135) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banjarmasin melaksanakan hampir semua tahap perencanaan komunikasi, yaitu: penemuan (identifikasi masalah), penetapan tujuan, dan penetapan strategi (menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khalayak, menyusun pesan, produksi media dan saluran komunikasi, efek yang diharapkan, penyusunan rencana anggaran belanja, penyusunan jadwal kegiatan, pelaksanaan program dan evaluasi. Akan tetapi Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banjarmasin tidak melaksanakan salah satu pokok perencanaan komunikasi yaitu tahap uji coba materi.
Kata Kunci: Evaluasi, Perencanaan Komunikasi, Program Kemitraan Sekolah dengan Keluarga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI