DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAMUS HURUF AWBRAILLE (AWAS – BRAILLE) TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS PERMULAAN ANAK TUNANETRA LOW VISION
PENGARANG:SUCI KHAIRIDA PUTRI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-25


Kata Kunci: Media Kamus Huruf Awbraille, Kemampuan Membaca, Kemampuan
Menulis, Tunanetra Low Vision
Membaca dan menulis merupakan hal utama dalam proses pembelajaran. Kemampuan
membaca dan menulis harus dimiliki semua anak termasuk anak tunanetra low vision yang masih
memiliki sisa penglihatan. Penelitian ini dilakukan kepada anak tunanetra low vision yang masih
belum mampu mengenal beberapa huruf awas dan membaca serta menulis dengan baik dan
benar. Hal itu terjadi karena anak sudah terbiasa menggunakan huruf braille saat proses
pembelajaran. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan di atas maka, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan baca tulis permulaan pada anak tunanetra low
vision dengan menggunakan media
“Kamus Huruf Awbraille”.
Penelitian ini menggunakan suatu rancangan eksperimen dengan penelitian subjek
tunggal, atau lebih dikenal dengan istilah Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah desain A-B-A. Anak dalam penelitian ini adalah anak tunanetra low
vision kelas X SMALB Fajar Harapan Martapura, yang berinisial ZF. Sistem pencatatan data
menggunakan observasi langsung dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan membaca dan
menulis permulaan pada anak tunanetra low vision. Kesimpulan yang dapat diambil dalam
penelitian ini adalah penggunaan media
“Kamus Huruf Awbraille” dapat meningkatkan
kemampuan baca tulis permulaan pada anak tunanetra low vision.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI