DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANCANGAN PONDASI RAKIT BERTIANG PADA GEDUNG INTEGRATED AND UTILITY CLASSROOM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:RISDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-17


PERANCANGAN PONDASI RAKIT BERTIANG PADA GEDUNG INTEGRATED AND UTILITY CLASSROOM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

 

Oleh :

Risdah

 

Pembimbing

Ir.Rusliansyah,M.Sc.

 

ABSTRAK

GedungIntegrated And Utility Classroom FKIP UNLAM merupakan gedung satu lantai, sehingga memungkinkan beban yang akan dipikul pondasi relatif kecil dan memiliki kondisi tanah yang sangat lunak dimana pada uji sondir kedalaman 25 m dengan nilai konus rendah hanya 40 kg/m2, memiliki tinggi muka air dari kedalaman 4 m, dan baru ditemukan tanah keras sedalam 40 m. Maka direncanakan alternatif pondasi lain selain tiang pancang yaitu pondasi rakit bertiang (Piled raft Foundation).

Metedologi yang digunakan dengan pengambilan data dari pihak proyek, analisis beban menggunakan SAP 2000, perhitungan daya dukung rakit bertiang menggunakan data tanah ( boring log dan data laboratorium), perhitungan jumlah tiang, perhitungan penurunan segera, penulangan pondasi rakit,dan RAB pondasi.

Dari hasil perhitungan, beban total bangunan menggunakan aplikasi SAP2000 sebesar 3.378,1 ton dengan beban maksimum dalam satu kolom sebesar 138,48 ton. Beban dukung akhir pondasi gabungan (rakit 50 cm+ 39 tiang) adalah sebesar 5.754,26 ton. Penurunan yang terjadi sebesar 16 mm dan untuk penulangan pelat pondasi rakit dengan tebal 50 cm pada arah x digunakan D22-200 mm dan  arah y digunakan D22-70 mm. Pada analisa perkiraan total biaya konstruksi pada pondasi rakit bertiang lebih besar daripada total biaya konstruksi untuk pondasi tiang pancang.

Kata kunci : pondasi, rakit bertiang, tiang pancang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI