DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SOSIALISASI MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN MUSIK TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN–SEDANG (Tinjauan Pada Siswa SMP Tunagrahita di SLB C Negeri Pembina Kalimantan Selatan)
PENGARANG:SHAULA CHINTYASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-18


Tujuan: Menganalisis sosialisasi menyikat gigi menggunakan musik terhadap penurunan indeks plak anak tunagrahita ringan–sedang. Metode: Metode pre-experimental (one-group pre and posttest) dan metode total sampling digunakan dalam penelitian ini. Tiga puluh subjek anak tunagrahita ringan–sedang berstatus siswa SMP (9 perempuan dan 21 laki-laki) diberikan edukasi kesehatan gigi berupa sosialisasi menyikat gigi menggunakan musik sebagai media adaptif sebanyak 15 pertemuan. Musik berupa lagu anak yang berisi tahapan menyikat gigi menggunakan teknik bass modifikasi, diciptakan khusus dengan menyesuaikan pada karakteristik anak tunagrahita. Indeks plak diukur menggunakan Quigley–Hein modifikasi Turesky–Gilmore–Glickman pada hari ke-0, 3, 6, 9, 12, dan 15. Hasil: Rerata indeks plak seluruh subjek (rerata±SD): pretest (4,79±0,27), posttest-1 (4,37±0,36), posttest-2 (4,02±0,42), posttest-3 (3,39±0,46), posttest-4 (2,78±0,65), posttest-5 (2,29±0,86), analisis statistik Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna (p<0,05). Rerata indeks plak berdasarkan jenis kelamin meliputi kelompok subjek perempuan: pretest (4,59±0,35), posttest-1 (4,07±0,46), posttest-2 (3,66±0,42), posttest-3 (3,08±0,41), posttest-4 (2,45±0,51), posttest-5 (1,92±0,72); dan kelompok subjek laki-laki: pretest (4,87±0,13), posttest-1 (4,5±0,23), posttest-2 (4,17±0,34), posttest-3 (3,52±0,51), posttest-4 (2,92±0,69), posttest-5 (2,45±0,88), analisis statistik Mann–Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna (p<0,05). Kesimpulan: Sosialisasi menyikat gigi menggunakan musik berupa lagu anak dapat memengaruhi penurunan indeks plak anak tunagrahita ringan–sedang sejak hari ke-3. Penurunan indeks plak subjek laki-laki lebih lambat dibandingkan subjek perempuan. Perbedaan tingkatan kelas tidak memengaruhi penurunan indeks plak anak tunagrahita. Permukaan lingual memiliki skor indeks plak yang lebih tinggi dengan proses penurunan yang lebih lambat dibandingkan dengan permukaan bukal.

Kata kunci: edukasi kesehatan gigi, indeks plak, musik, sikat gigi, tunagrahita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI